Monday, October 8, 2012

Menyimpan data dari Web/Blog di Internet


sudah dijelaskan sebelumnya di Lab tentang bagaimana cara menyimpan artikel / data dari internet baik itu dengan cara meng-copy ataupun menyimpan halaman web secara utuh. Namun disini saya coba jelaskan kembali semoga lebih dapat di fahami.

pertama buka web browser lalu bukalalah search engine google. sudah tau dan memahami beda nya web browser dengan search engine kan? ok kita lanjut.


misalkan kamu igin mencari artikel atau informasi tentang kerusakan printer, tulis lah key word atau kata kunci dalam pencarian di google. setelah muncul beberapa artikel , buka salah satu artikel dari hasil pencarian.


tanpa menutup halaman web browser yang sekarang sedang membuka artikel, buka lah aplikasi Ms.Word untuk tempat dimana kamu akan menempatkan data yang akan kamu copy. ya setelah Ms. Word terbuka kembali ke halaman blog yang akan kita copy data nya. 

cara meng-copy nya adalah dengan cara menyeleksi [ klik drag / tahan geser] pada artikel yang akan kita copy. seperti pada gambar dibawah ini: 


lalu klik kanan pada bidang yang telah terseleksi - klik copy [ bisa juga dengan shortcut pada keyboard dengan menekan tombol CTRL+C

setelah yakin tercopy maka sekarang kita tinggal menempelkan nya [mem-paste-kan] ke Ms. Word.


dengan cara klik tombol Paste di pojok kiri atas. atau klik kanan lalu pilih paste atau dengan shortcut pada keybooard dengan menekan bersama-sama tombol CTRL+V


setelah artikel nya tercopy kalian dapat mengedit kembali sebelum menyimpan nya. setelah dirasa cukup, sekarang tinggal menyimpan data tersebut dengan cara menekan tombol shortcut CTRL+S atau klik menu office word di pojok kiri atas lalu pilih save.


beri nama pada file name, lalu tentukan dimana kamu akan menyimpan dokumen tersebut. misalkan dengan nama Tugas TIK disimpan di My Documents

selesai, cek kembali ke my documents apa file yang kamu simpan ada atau engga.

mudah kan?