Monday, October 8, 2012

Tentang E-mail


Saat ini hampir semua sektor kehidupan berevolusi ke dalam dunia elektronik dan teknologi. tak terkecuali surat menyurat. Electronic Mail disingkat E-mail atau dalam bahasa indonesia disebut Surel [surat elektronik] hampir selalu di butuhkan ketika kita hendak memakai beberapa aplikasi atau situs di internet. Beberapa jejaring sosial seperti Facebook.com dan twitter.com yang saat ini sangat digandrungi masyarakat pun memerlukan e-mail sebagai sarana untuk dapat mendaftar.

ada beberapa penyedia jasa e-mail. yang internasional maupun yang lokal indonesia. dua penyedia jasa e-mail terbaik saat ini adalah:

1. Gmail


Gmail (http://gmail.com) adalah layanan email dari google.com. Gmail merupakan layanan email dan chatt. Gmail menyediakan ruang penyimpanan yang tidak terbatas. Jadi Anda tidak perlu takut kehabisan ruang untuk menyimpan email anda. Gmail memiliki banyak fitur seperti POP dan IMAP yang bisa dimanfaatkan untuk menggunakan email client seperti outlook express (termasuk microsoft outlook) maupun aplikasi handphone.

2. Yahoo Email Service

[http://mail.yahoo.com ] Yahoo merupakan perintis layanan email gratis sehingga memiliki banyak pengguna. Di samping layanan emailnya, yahoo juga banyak digunakan untuk chatting dengan aplikasi instant messenger atau sering disebut YM. Yahoo juga menyediakan ruang penyimpanan yang tidak terbatas, akan tetapi yahoo international dengan TLD .com tidak memiliki fitur POP dan IMAP. Layanan tersebut hanya terdapat pada Yahoo Regional seperti Yahoo.co.id untuk Indonesia.

tidak kalah dari penyedia jasa e-mail luar negri, dari indonesia pun ada yaitu:

3. TELKOM.NET

http://mail.telkom.net adalah layanan e-mail gratis dari TELKOM. Kapasitas simpan hanya 10 MB. Cukup cepat karena servernya di Indonesia. Interface-nya berbahasa Indonesia.

4. PLASA.COM

http://plasa.com kapasitas simpannya 10 MB.

Selain daftar yang ditulis di sini masih banyak penyedia layanan e-mail gratis ini. Seperti misalnya: www.lycos.com; www.f-mail.net; dan masih banyak yang lainnya


Dalam buku paket atau pegangan di sekolah sekolah, biasanya yang di bahas adalah cara membuat dan menggunakan email dari yahoo.com.

untuk itu mari saya jelaskan bagai mana cara membuat e-mail dan menggunakan e-mail dari yahoo.com

Klik Disini untuk mengetahui cara mendaftar e-mail di yahoo

Klik Disini untuk mengetahui cara mengirim e-mail menggunakan yahoo