Saturday, January 19, 2013

SISTEM OPERASI KOMPUTER - Pengenalan




Sistem operasi komputer atau operating system (OS) merupakan perangkat lunak sistem yang menghubungkan antara user (pengguna komputer) dengan hardware (perangkat keras) komputer. OS berisikan suatu program yang mengendalikan eksekusi program sehingga lebih efisien dan menghindari kesalahan penggunaan program yang tidak sesuai.

A.     Operas Dasar pada Sistem Operasi Komputer
Sistem operasi atau operating system (OS) merupakan sebuah penghubung antara user (pengguna komputer) dengan hardware (perangkat keras) komputer.

•        Pengertian Sistem Operasi
Pengertian OS secara umum adalah suatu perangkat yang mengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan ke pengguna sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan penggunaan serta pemanfaatan sumber daya sistem komputer.



Dengan kata lain, OS dapat disebut sebagai kumpulan dari software (perintah atau program) pengendali hardware, antara lain disk drive, hardisk, CD/DVD-ROM atau DVD/DVD-RW, monitor, keyboard, mouse, scanner, atau printer.





Dalam perkembangannya, sejarah OS dapat dibagi menjadi 4 bagian

a.       Generasi Pertama (1945-1955)
Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik. Hal itu disebabkan para pencipta sistem komputer menyadari hahwa kecepatan manusia untuk menghitung sangat terbatas.

b.      Generasi Kedua (1955-1965)
Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu pekerjaan yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan. Pada generasi ini, sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada.

c.       Generasi Ketiga (1965-1980)
Pada generasi ini, sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus. Para pemakai dapat berkomunisasi secara interaktif lewat terminal secara on-line ke komputer.

d.      Generasi Keempat (Pasca 1980-an)
Pada masa ini, para pengguna juga telah diberikan kenyamanan dengan Graphical User Interface (GUI), yaitu antarmuka komputer berbasis grafis yang sangat nyaman. Pada masa ini, juga dimulai era komputasi tersebar, yaitu komputasi-komputasi yang tidak lagi dimulai berpusat pada satu titik, tetapi dipecah di banyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.