Monday, October 8, 2012

Membuat alamat E-Mail

Setelah kita memahami apa itu E-Mail, mari kita lihat dan praktekan langkah-langkah dalam membuat alamat e-mail melalui yahoo.com

pertama bukalah browser favorite kamu, biasanya Mozila Firefox tapi kalo saya Pakenya Google Chrome :).

tuliskan mail.yahoo.com kedalam address barr untuk langsung ke direktori e-mail. karena kalo kita tulis yahoo.com saja kita akan dibawa ke homepage dari yahoo

setelah itu akan muncul tampilan ini di browser kalian


untuk membuat alamat e-mail maka pilih [klik] Create New Account. maka kita akan dibawa kehalaman form registrasi dari yahoo..


cara pengisiannya sebagai berikut:


tuliskan data sesuai yang diminta dalam formulis seperti contoh diatas [pada contoh tanggal lahir belum di isi, kalian jangan lupa untuk mengisi nya ya]

setelah mengisi data diri di atas, sekarangwaktunya untuk mengisi ID dan kata sandi yang akan kita gunakan. contoh dibawah ini apabila ID yang kalian pilih tidak tersedia atau sudah digunakan olehorang lain. maka yahoo akan memberikan beberapa pilihan id sebagai saran.

jika sudah menemukan ID yang bisa di pakai [ingat catat ID yang sudah kalia buat agar tidak lupa]. setelah itu kita tinggal mengisikan kata sandi atau password nya


pasword harus terdiri dari minimal 6 karakter [kalo di gmail sekarang minimal 8 karakter] . pasword yang kuat terdiri dari huruf, angka dan simbol. gunakan password yang gampang di ingat oleh kamu tapi tak terpikirkan oleh orang lain. hindari pemakaian pasword tanggal lahirkarena mudah untuk ditebak.

setelah selesai menentukan pasword, maka sekarang tinggal mengisi pertanyaan keamanan. apa fungsi pertanyaan keamanan ini? pertanyaan keamanan ini diperlukan ketika kamu lupa ID atau Password kamu sehingga kamu tidak dapat mengakses e-mail. dengan menjawab pertanyaan keamanan ini membuktikan kalau benar-benar kamu yang akan mengkases e-mail tersebut. maka jangan pernah anggap remeh pertanyaan keamanan.


ada beberapa pertanyaan yang ditawarkan oleh yahoo. jika merasa bingung kamu boleh saja menliskan pertanyaan kamu sendiri. tapi satu tips dari saya,jawaban dan pertanyaan tidak harus nyambung. yang penting kamu ingatkan saja apa yang harus kamu jawab. misal kamu membuat pertanyaan "berapa 1+1 = " secara matematis jawaban nya adalah 2 kan? tapi kamu bisa saja memberikan jawaban "jendela" agar mengecoh seseorang yang ingin menggunakan e-mailkamu untuk kepentingan yangtidak baik.

setelah pertanyaan keamanan, sekarang kitaberada di tahap ahir pendaftaran email.
isikan kode yang tertera pada kolom. apa fungsi kode tersebut? fungsi dari kode tersebut adalah untuk membuktikan bahwa yang membuat / mendaftar e-mail tersebut adalah benar-benar manusia. disini bukan bermaksud mengarah ke hal-hal mistis atau bagaimana, karena dalam dunia maya banyak ditemukan aplikasi aplikasi spam atau bot /robot yang dapat secara otomatis di perintahkan diprogram dengan script bervirus untuk mengakses suatu situs atau website.

cek lagi, setelah semua di isi, maka tinggal klik "buat account saya". jika proses berhasil maka akan ada pemberitahuan bahwa pembuatan e-mail telah berhasil dilakukan. sebaliknya apabila ada yang belum lengkap di isi atau ada kesalahan dalam menuliskan kode, maka akan diberitahu kesalahan nya dimana. 

gampang kan membuat E-mail?