Saturday, November 3, 2012

KESEHATAN & KESELAMATAN KERJA (K3)


Dalam penggunaan media komputer seringkali kita bertahan berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Dalam kaitannya dengan hal tersebut sering kali kita lalai memperhatikan kaidah kesehatan terkait dengan penggunaan komputer yang terlalu lama tersebut. Agar kesehatan kita tidak terganggu, maka kita membutuhkan keyamanan di dalam penggunaan komputer ini. Kenyamanan tersebut meliputi kenyamanan keadaan pemakai, kenyamanan hardware komputer kita dan lain sebagainya.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan di dalam penggunaan media komputer ini dalam hubungannya dengan kesehatan dan keselamatan kerja.
1. Posisi duduk
2. Posisi mata
3. Posisi tangan pada keyboard



Posisi duduk akan berpengaruh pada pada bagian tubuh kita yaitu bagian punggung dan pinggang. Posisi duduk yang benar akan membuat punggung dan pinggang kita tidak mengalami kenyerian dan kelelahan.

Posisi mata dari layar haruslah juga mendapat perhatian yang serius. Posisi layar monitor sebaiknya harus lurus dengan posisi mata kita. Posisi layar yang terlalu tinggi dan terlalu rendah juga mengakibatkan leher kita juga akan mengalami kelelahan. Dalam penggunaan layr diusahakan menggunakan layar yang low radiasi. Saat ini telah banyak beredar dipasaran layar yang berjenis LCD yang sejuk dimata dan aman dari radiasi.

Posisi tangan pada keyboard haruslah dibuat senyaman mungkin. Karena posisi tangan yang baik dan benar akan mengakibatkan jari tangan kita tidak mengalami kelelahan. 

berikut adalah posisi yang salah serta akibat yang dapat di timbulkan jika salah atau kurang tepat nya posisi dalam menggunakan komputer.




Tips menggunakan keyboard

Di masa sekarang ini telah tersedia berbagai macam produk keyboard yang ditujukan agar anda nyaman mengetik, meski dalam waktu lama. Namun yang lebih penting adalah bagaimana anda mengatur postur dan posisi tubuh anda, terutama lengan anda, sehingga anda bisa menghindari kelelahan dan cedera.

Untuk itu ada baiknya mengikuti nasehat Stephanie Brown, seorang guru piano asal Amerika, dalam majalah "Her World". "Ikutilah disiplin pemain piano yang sedang pentas," katanya. Stephanie memberi lima petunjuk untuk diterapkan saat anda mengetik pada keyboard.

1. Sejajarkan pergelangan tangan dengan telapak tangan
Upayakan pergelangan tangan anda selalu sejajar dengan telapak tangan. Lemaskan pergelangan tangan anda seperti mengambang. Jangan tegang.

2. Posisi siku menggantung
Pastikan siku anda dalam posisi bebas menggantung. Menyandarkan siku pada sandaran kursi saat mengetik, selain menyulitkan anda untuk mengetik, juga membuat anda tegang dan cepat lelah.

3. Lemaskan jari telunjuk dan jari manis anda
Kunci mengetik tanpa lekas lelah adalah melemaskan seluruh jari anda. Jangan kaku dan tegang. Biarkan lemas, rileks, apa adanya.

4. Tekan tombol dengan tenang
Jangan menekan tombol dengan kuat atau mengalirkan kekuatan penuh pada tangan anda. Ingat, anda sedang mengetik, bukan memukul tombol keyboard.

5. Bila tidak sedang mengetik
Lemaskan keseluruhan tangan bila sedang tidak memencet tombol di keyboard. Keadaan anda sebelum mengetik juga mempengaruhi kondisi anda di saat mengetik.

ingat, apapun posisi yang di rasakan nyaman oleh kalian, jangan pernah mencoba posisi berikut ini:


karena saya yakin pasti pegel...